Pengertian Jasa, Karakteristik & Macam-macam Perusahaan Jasa

Pengertian Jasa, Karakteristik & Macam-macam Perusahaan Jasa dibahas lengkap disini. Beberapa definisi jasa menurut pakar/ahli, perbedaan barang dan jasa, serta jenis jasa perlu anda ketahui bila core business anda adalah jasa.

Yuk simak ulasan dari perusahaan maklon kosmetik berikut ini.

Definisi & Pengertian Jasa

Pengertian Jasa, Karakteristik & Macam-macam Perusahaan Jasa

Dalam buku Ekonomi Mikro Edisi Baru, jasa dijelaskan sebagai layanan seseorang/instansi/barang yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Berbeda dengan pendapat dari Freddy Rangkuti, dalam bukunya yang berjudul Measuring Customer Satisfaction menjelaskan pengertian jasa sebagai pemberian suatu kinerja atau tindakan tak kasat mata dari satu pihak kepada pihak lain.

Lain halnya dengan pengertian dalam buku berjudul Membuka Usaha Kecil karangan M.Tohar, dalam buku tersebut dijelaskan bahwa jasa adalah kegiatan yang dapat diidentifikasikan, bersifat tak teraba , yang direncanakan untuk pemenuhan kepuasan konsumen.  jasa terdiri dari input, proses dan/atau output. (sumber

Menurut Lovelock dan Wright 

Jasa merupakan sebuah proses yang melibatkan input dan mentransformasikannya sebagai output.(sumber)

Menurut Kotler dan Keller

Jasa dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Dalam proses produksinya, jasa bisa terikat maupun tidak pada suatu produk fisik. (sumber)

Menurut Valerie A. Zeithaml dan Mary Jo Bitner

Jasa merupakan semua aktivitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik ataupun konstruksi, yang biasanya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu yang dihasilkan dan memberikan nilai tambah (seperti kenyamanan, hiburan, kesenangan, atau kesehatan) atau pemecahan atas masalah konsumen. (sumber)

Setelah mendalami definisi dan pengertian jasa, yuk kita simak penjelasan tentang karakteristik atau ciri-ciri jasa berikut ini.

Karakteristik Jasa 

Menurut Parasuraman, Zeithaml dan Berry 

Jasa memiliki beberapa karakteristik khusus, diantaranya: 1) Tidak berwujud; 2) Tidak dapat dipisahkan antara proses produksi dan konsumsi; 3) Memiliki tingkat variabilitas yang tinggi; 4) Tidak dapat disimpan; 5) Tidak dapat menyebabkan suatu kepemilikan.

Menurut Kotler dan Kettler

  1. Intangibility, jasa tidak berwujud sehingga dirasakan secara subyektif dan deskripsi dari pelanggan adalah tolok ukur. Hal ini juga yang membuat jasa sangat sulit dievaluasi oleh pelanggan. 
  2. Inseparability, jasa sangat sulit dikontrol kualitas dan pemasarannya dengan cara tradisional. Kontrol kualitas dan pemasaran harus dilakukan pada waktu dan tempat yang secara simultan jasa diproduksi dan dikonsumsi. 
  3. Perishability, jasa tidak mungkin disimpan.
  4. Variability, penyampaian suatu jasa belum tentu sama terhadap tiap-tiap pelanggan karena proses produksi dan penyampaiannya dilakukan oleh manusia yang memiliki sifat tidak konsisten. (sumber)
  5. Durability, jasa tidak akan bertahan lama. 

Sampai disini anda sudah mengenal pengertian jasa dan karakteristiknya. Yuk baca perbedaan jasa dengan barang (product).

Perbedaan Barang dan Jasa

Barang Jasa
NyataTidak nyata 
HomogenHeterogen
Proses produksi, distribusi dan konsumsinya terpisahProses produksi, distribusi dan konsumsinya simultan
Berwujud FisikBerupa proses/aktivitas
Nilai intinya diproduksi di pabrikInteraksi antara pembeli dan penjual jasa memproduksi nilai inti jasa tersebut
Pelanggan pada umumnya tidak berpartisipasi dalam proses produksiPelanggan berpartisipasi dalam proses produksi
Dapat disimpanTidak dapat disimpan
Ada perpindahan kepemilikan Tidak ada perpindahan kepemilikan 

Sumber

Pengertian Industri & Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan utamanya memproduksi produk tidak berwujud dengan tujuan mencari laba. Namun, perusahaan ini biasanya menggunakan faktor-faktor produksi berwujud dalam memproduksi suatu jasa. Ciri-ciri perusahaan ini di antaranya adalah tidak menawarkan produk yang jelas wujudnya dan standar harga yang ditawarkan sulit untuk diukur karena biasanya tergantung kepuasan konsumen dari jasa tersebut. (sumber)

Meskipun memproduksi atau menawarkan jasa, beberapa industri jasa juga menggunakan barang berwujud dalam proses produksinya, barang tersebut dinamakan barang industri. Barang industri adalah produk atau jasa yang dibeli untuk digunakan dalam proses produksi barang atau jasa lainnya dalam suatu bisnis atau untuk dijual kembali. (sumber)

Macam-Macam Industri Jasa

Tersedia berbagai macam industri jasa di Indonesia. Industri jasa dapat diidentifikasi dengan output yang berupa pelayanan bagi konsumen. Contoh industri jasa di antaranya adalah layanan transportasi, garment (jasa menjahit pakaian), kesehatan, keuangan, pariwisata, perdagangan, seni atau hiburan dan masih banyak lagi. 

Pengertian Jasa Maklon

Dikutip dari salah satu laman kemenkeu, jasa maklon didefinisikan sebagai jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pemberi jasa (disubkontrakkan), dan pengguna jasa yang menetapkan spesifikasi, serta menyediakan bahan baku dan/atau barang setengah jadi dan/atau barang penolong/pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya, dengan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

Jasa maklon termasuk industri pengolahan yang melakukan kegiatan mengubah suatu barang dasar secara mekanis, kimia atau dengan tangan sehingga menjadi barang jadi/setengah jadi, dan atau meningkatkan nilai barang, dan sifatnya lebih dekat kepada pemakai akhir, dikutip dari laman bps. Tidak hanya memproduksi, jasa maklon juga mencakup jasa pengemasan meskipun ada perusahaan yang khusus melayani jasa pengemasan.  

Maklon Kosmetik 

Maklon kosmetik saat ini cukup digemari terutama oleh para pebisnis muda. Tanpa biaya dan usaha yang cukup besar, seseorang sudah dapat memproduksi berbagai macam jenis kosmetik melalui perusahaan maklon.Perusahaan-perusahaan maklon kosmetik juga semakin berinovasi memunculkan berbagai bahan dasar, jenis produk, formula dan kemasan yang menarik dan memiliki bermacam-macam khasiat. 

Maklon Makanan dan Minuman 

Maklon makanan dan minuman juga banyak digemari oleh masyarakat karena pasar untuk kedua produk ini tidak akan pernah sepi. Produk makanan dan minuman yang berinovasi terlebih dari segi rasa dan kemasan akan selalu digemari dan memiliki penikmatnya sendiri.  Terutama produk minuman kemasan atau minuman bubuk instan yang hanya perlu diseduh.

Rekomendasi Jasa Maklon Kosmetik 

PT. Adev Natural Indonesia adalah salah satu perusahaan jasa maklon kosmetik terpercaya yang dapat membantu Anda memulai bisnis produk kosmetik dengan merek sendiri. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam produk kosmetik mulai dari skincare, hair care, body care, men corner (produk-produk khusus lelaki), dan pewangi seperti parfum dan body mist. Semua produk tersebut bebas ditentukan oleh konsumen mulai dari bahan baku, spesifikasi hingga kemasannya. 

Setiap kosmetik yang diproduksi di PT. Adev Natural Indonesia juga akan langsung didaftarkan merek dan sertifikasinya yang mencakup BPOM dan halal MUI. Pendaftaran merek juga dapat dilakukan oleh konsumen sendiri. Proses produksi kosmetiknya juga tidak memakan waktu yang lama.  Anda ingin memiliki bisnis kosmetik dengan produk sendiri? Anda dapat memulainya dengan bermitra dengan PT. Adev Natural Indonesia. Perusahaan ini juga memberikan respon yang cepat jika Anda tertarik untuk bertanya-tanya lebih jauh mengenai maklon kosmetik. Informasi selengkapnya dapat Anda temukan dengan mengisi form di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *