Pajak Jasa Maklon Kosmetik, Contoh Perhitungan PPh 23 Maklon

Pajak Jasa Maklon Kosmetik, Contoh Perhitungan PPh 23 Maklon

Pajak jasa maklon di kenakan di industri maklon kosmetik dan jenis perusahaan maklon lainnya, seperti maklon minuman, makloon konveksi, maklon makanan, dll. Dalam artikel ini, jasamaklon.info akan jelaskan pengertian pajak, siapa saja obyek pajak dan contoh perhitungan pajak pph 23 serta rekomendasi pabrik maklon kosmetik terbaik di Indonesia.

Yuk simak selengkapnya penjelasan kami

Pengertian Pajak Menurut Kemenkeu

Setiap badan usaha yang menjual produk atau jasa di Indonesia dikenakan aturan pajak, tak terkecuali pajak jasa maklon. Dikutip dari e-book  ‘Lebih Dekat dengan Pajak’ yang diterbitkan oleh kemenkeu, pajak adalah bentuk kontribusi kepada negara dari orang pribadi atau badan. Berdasarkan undang-undang, pajak bersifat wajib atau memaksa. 

Meskipun tidak mendapatkan imbalan secara langsung, pada akhirnya pajak digunakan kembali untuk rakyat, seperti pembayaran gaji aparatur negara, subsidi kebutuhan masyarakat (BBM, listrik, pupuk, BLSM, Raskin, Jamkesmas), pembangunan sarana umum dan pembiayaan lainnya. 

Pajak Untuk Jasa Maklon

Pajak Jasa Maklon Kosmetik, Contoh Perhitungan PPh 23 Maklon

Jasa adalah objek yang terdapat dalam dua pasal Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983, peraturan terkait pajak penghasilan (Pph), yakni pasal 21 dan pasal 23. Dilansir dari pajak.go.id, pasal 21 mengatur tentang pemotongan pajak atas penghasilan yang berhubungan dengan pekerjaan, jasa atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri. 

Pph 23 Adalah

Kepanjangan dan Pengertian Pph

Pph merupakan kepanjangan dari pajak penghasilan. Dilansir dari situ gajimu.com, definisi pajak penghasilan adalah Pajak negara yang dikenalan terhadap setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang dapat digunakan untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan.  

Objek Pajak Pph Pasal 23

Dikutip dari buku terbitan Kementerian Keuangan, yang menjadi objek Pph 23 adalah:

  1. Dividen
  2. Bunga 
  3. Royalti 
  4. Hadiah, penghargaan, bonus dan sejenisnya selain yang telah dipotong pajak penghasilan Pasal 21;
  5. Sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta yang telah dikenai Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2);
  6. Imbalan sehubungan dengan jasa teknik, jasa manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultan dan jasa lain selain jasa yang telah dipotong Pajak Penghasilan Pasal 21. 

Contoh Perhitungan PPh 23

Dilansir dari online-pajak.com, tarif Pph 23 dibedakan menjadi dua jenis, yakni sebesar 15 % dan 2%. Objek pajak yang harus dipotong sebesar 15% dari jumlah brutonya adalah dividen, bunga, royalti, hadiah, penghargaan, bonus atau sejenisnya, selain yang belum terpotong oleh ketentuan PPh Pasal 21, sedangkan objek pajak yang dipotong sebesar 2% adalah bruto atas sewa dan penghasilan lain, imbalan jasa teknik, jasa konstruksi, jasa manajemen, jasa konsultan, jasa penilai, jasa akuntansi, jasa hukum, jasa perancang, jasa pengolahan limbah, jasa penerbitan/percetakan, jasa penerjemahan, jasa sertifikasi, dan jasa lain yang diatur di dalam Peraturan Menteri Keuangan. 

Berikut ini contoh perhitungan tarif PPh 23 sebesar 2%;

Perusahaan A menerima imbalan jasa dengan bruto total Rp10.000.000, 2% dari Rp10.000.000 adalah 200.000, maka PPh yang harus dibayarkan adalah Rp200.000.  

PPN, Pajak Jasa Maklon

PPN sebagai pajak Jasa Maklon sama dengan perlakuan PPN untuk Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang bergerak di bidang jasa maklon. PPN jasa maklon termasuk di dalam ketentuan tarif PPN 0% yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Rekomendasi Perusahaan Maklon Kosmetik

Perusahaan maklon adalah salah satu penyumbang pajak negara. Saat ini jasa maklon banyak dicari karena membantu para pebisnis muda dengan tahapan yang mudah dan tanpa banyak biaya. 

Salah satu maklon kosmetik terpercaya adalah PT. Adev Natural Indonesia yang berlokasi di Kp. Curug Mekar, Bogor Barat, Bogor, Jawa Barat. PT. Adev Natural Indonesia menerima maklon berbagai jenis kosmetik dengan variasi bentuk dan spesifikasi. kelegalan dan kehalalan produk juga menjadi tanggung jawab pabrik sepenuhnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *